Aplikasi Edit Video di Laptop Gratis

Aplikasi Edit Video di Laptop Gratis

Aplikasi edit video di laptop gratis sudah seperti kebutuhan harian, terlebih saat memasuki moment-moment penting di kehidupan. Setiap orang ingin membagikan kebahagiaannya melalui media sosial yang ia miliki. 

Terlebih dengan boomingnya aplikasi sosial media seperti Instagram, YouTube dan Tiktok yang saat ini sudah menjadi trendsetter. Telah menghasilkan berbagai konten video yang unik dan menarik mengundang banyak perhatian.

Anda juga dapat membuatnya sendiri dengan aplikasi edit video di laptop gratis, tanpa biaya sepersenpun. Hanya perlu waktu luang untuk mempelajari dan mengerjakannya. Sebagian aplikasi edit video memang berbayar, namun jika Anda baru ingin memulainya maka lebih baik menggunakan versi gratisnya terlebih dahulu untuk belajar. Baru Ketika Anda sudah professional akan dituntut untuk menggunakan aplikasi edit video berbayar. 

Memang sudah banyak aplikasi edit video di laptop gratis, namun hanya akan dibahas beberapa aplikasi edit video terbaik dari zencreator.id yang bisa Anda gunakan, antara lain:

5 Aplikasi Edit Video di Laptop Gratis Paling Rekomended

VSDC Free Video Editor Pilihan 

Aplikasi edit video di laptop gratis terbaik yang pertama adalah VSDC Free Video Editor. Aplikasi ini tidak memiliki batasan waktu (non-trial) atau tanda air (watermark) dan dapat membuat proyek video dari kombinasi klip video, gambar, dan bisa juga ditambahkan dengan file audio. Resolusi yang dihasilkan VSDC hingga 1.980 x 1.080 (full HD) dan frame rate maksimum 30 fps. Dengan resolusi tersebut, meski menggunakan aplikasi edit video di laptop gratis, video yang dihasilkan terlihat jernih dan lancar. 

Aplikasi VSDC telah mendukung format video 3D dan VR 360 derajat. Format yang mulai banyak diminati saat ini. Tampilan VSDC secara umum sangat menarik untuk dilihat, terlebih dengan skema warna abu-abu gelap yang digunakan tidak mengganggu mata. Anda bisa bertahan berjam-jam di depan laptop untuk mengedit video. Semua teks dan ikon yang tersedia mudah terlihat dan tidak mengganggu saat digunakan untuk bekerja dalam waktu lama. 

Terdapat mekanisme docking, yang memungkinkan panel yang sering digunakan dapat disematkan ke bagian samping untuk akses yang lebih mudah. VSDC Free Video Editor menawarkan berbagai fitur yang lengkap, seperti pemangkasan dan pemotongan klip, penerapan efek transisi dan penambahan file audio. Kombinasi tampilan yang sederhana dan fitur yang lengkap serta ukuran aplikasi yang kecil menjadikan aplikasi ini ramah digunakan untuk pemula. Aplikasi ini tersedia untuk pengguna Windows. 

Baca Juga:  Ini Dia Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop Asus, Dijamin Anti Gagal!

Kelebihan aplikasi VSDC: 

  • Fitur lengkap 
  • Efek visual yang bagus 
  • Proses teks yang efisien 
  • Banyak mode blending 

Kekurangan aplikasi VSDC: 

  • Tidak ada alat stabilisasi video 
  • Bentuk gelombang audio dan fitur akselerasi perangkat keras tidak tersedia 
  • Alat voiceover berkualitas standar 

iMovie 

Jika aplikasi edit video di laptop gratis sebelumnya ditujukan untuk pengguna Windows, maka iMovie dikhususkan bagi pengguna Apple. Aplikasi iMovie merupakan pilihan terbaik untuk sejenis aplikasi edit video di laptop gratis. Di dalamnya tersedia berbagai fitur untuk organisasi media, seperti gradasi warna, kecepatan, efek layar hijau, narasi, dan soundtrack dalam film. 

Aplikasi iMovie ini juga memungkinkan Anda untuk memodifikasi dan meningkatkan pengaturan warna video, memotong dan memutar klip video, menstabilkan video yang goyah, menambahkan transisi video, dan mengubah kecepatan klip. Sehingga video yang dihasilkan memiliki warna yang lebih tajam dan hidup.

Baca juga : Aplikasi Edit Gambar dan Tulisan

Fitur efek greensreen (layar hijau) sejauh ini adalah fitur paling menarik dari iMovie, karena memungkinkan penggunanya untuk mengganti latar belakang yang berwarna warna hijau atau biru menjadi gambar lain sesuai pilihan. Sehingga pengguna memiliki kreativitas tanpa batas dan membuat video seperti film nyata. 

Terlebih lagi, iMovie menyertakan musik soundtrack bawaan dan efek suara yang dapat Anda gunakan secara gratis. Ada lebih dari 80 soundtrack mulai dari genre pop hingga chill, dan masing-masing dapat dipotong atau digabungkan sesuai dengan kebutuhan. Namun sayangnya aplikasi ini membatasi jumlah trek video yaitu 2 trek saja. Aplikasi ini lengkap dan mudah digunakan sehingga cocok untuk pemula maupun profesional.   

Kelebihan iMovie: 

  • Tampilan yang sangat sederhana 
  • Pencocokan warna yang baik untuk tampilan video yang konsisten 
  • Banyak alat audio 
  • Banyak template film 
  • Banyak efek audio 
  • Tersedia fitur GreenScreen
Baca Juga:  Aplikasi Penghasil Uang Jutaan Perhari Hanya dengan Menjual Jasa

Kekurangan iMovie: 

  • Tidak mendukung penandaan 
  • Tidak memiliki kemampuan multicam atau pelacakan gerak 
  • Terbatas pada dua trek video saja 
  • Tidak tersedia pengeditan video 360 derajat 

Shotcut 

Aplikasi edit video di laptop gratis selanjutnya adalah Shotcut. Aplikasi ini cocok digunakan oleh pemula yang tidak begitu akrab dengan aplikasi edit video. Shotcut merupakan aplikasi edit video gratis yang dapat digunakan (kompatibel) dalam berbagai sistem operasi seperti Linux, Mac dan Windows. Aplikasi ini terbilang cukup sederhana, namun memiliki banyak fitur yang kompleks. 

Tampilan perintahnya menumpuk semua ada di layar sehingga mudah diakses. Namun di satu sisi juga bisa menjadi kekurangan. Tenang saja, berbagai panel dapat diposisikan ulang, atau bahkan dibuat sebagai jendela mengambang. Pada panel tambahan juga bisa ditarik ke depan untuk menambahkan lebih banyak informasi di layar pada satu waktu. 

Adapun fitur lain seperti mengambil gambar dari kamera web, merekam audio, mendukung resolusi video 4K, filter audio, filter video, transisi video, dan masih banyak lagi. Shotcut cocok dijadikan pilihan yang terbaik untuk edit video dengan mudah dan praktis.  

Kelebihan Shotcut: 

  • Gratis dan multi-platform 
  • Dapat disesuaikan 
  • Fitur lengkap 

Kekurangan Shotcut: 

  • Tidak dapat membuat layer baru secara otomatis 
  • Tidak ada pratinjau thumbnail untuk efek atau transisi 
  • Mengubah efek dapat memakan waktu cukup lama 

Filmora 

Aplikasi edit video di laptop gratis yang keempat adalah Filmora. Beberapa dari Anda mungkin sudah banyak yang pernah mendengarnya atau bahkan menggunakan aplikasi tersebut. Aplikasi Filmora ini cukup mudah digunakan dan memiliki semua fitur yang diperlukan untuk mengedit video secara teliti. Selain itu, Filmora dikenal sebagai aplikasi edit video yang berguna untuk membuat tutorial atau video lainnya. Aplikasi ini juga memiliki fitur efek layar hijau dan pengeditan video 4K. Tersedia juga berbagai template terbaik yang mampu memoles video Anda menjadi lebih menarik.

Baca juga : Aplikasi Edit Foto Jadi Video Yang Lagi Trend Sekarang

Filmora menjadi pesaing yang sangat baik untuk pengguna amatir dan bahkan profesional dengan desainnya yang mengesankan dan daftar fitur yang solid. Namun, akan ada watermark di video yang dihasilkan. Jika ingin menghapus watermark dari video, Anda harus membeli versi pro. 

Baca Juga:  Aplikasi Sadap WA Jarak Jauh Tanpa Menyentuh HP

Kelebihan Filmora: 

  • Tampilan yang bersih dan intuitif 
  • Dukungan video 4K 
  • Memiliki alat rekam layar 
  • Akselerasi GPU opsional untuk encoding yang lebih cepat 

Kekurangan Filmora: 

  • Terdapat watermark yang mengganggu 
  • Terkadang macet saat mengimpor video ke media sosial 
  • GPU terbaru tidak didukung untuk akselerasi 

Blender 

Aplikasi edit video di laptop gratis yang terakhir adalah Blender. Aplikasi Blender merupakan aplikasi edit video yang mungkin tidak terlalu terkenal, karena biasanya penggunanya hanya orang-orang professional di bidang editing video. Aplikasi ini tersedia untuk versi Windows, Mac, dan Linux. 

Alasan para professional menggunakan Blender, dikarenakan aplikasi ini memiliki kemampuan untuk membuat animasi video namun juga memiliki fitur dasar yang dapat digunakan antara lain memotong dan meyambung video. 

Blender juga dapat melakukan tugas yang lebih kompleks seperti pemodelan 3D, animasi, rendering, simulasi, dan beberapa opsi kompleks untuk pembuatan game dan video. Dengan berbagai fitur kompleks tersebut menjadikan Blender sebagai aplikasi edit video yang sangat fleksibel yang melayani pengguna pemula maupun profesional. 

Jika Anda seorang profesional, Blender adalah pilihan terbaik untuk edit video. Terlebih dengan memungkinkan pembuatan animasi video, membuat hasil video Anda semakin otentik dan unik sehingga mudah dikenali oleh orang lain. Untuk pemula, aplikasi ini mungkin akan terlihat rumit. Namun akan sangat berguna nantinya. Kuncinya rajin berlatih dan mengikuti beberapa tutorial yang tersedia di YouTube sehingga dapat menggunakan Blender secara sempurna. 

Kelebihan Blender: 

  • Gratis dan memiliki fitur lengkap bagus untuk animasi 
  • Memiliki fitur kompleks untuk dipelajari 

Kekurangan Blender: 

  • Sulit untuk dipelajari 
  • Memperlambat prosesor AMD dengan RAM 4GB. 
  • Menu dan tampilan yang tampaknya berantakan 

Demikian beberapa rekomendasi aplikasi edit video di laptop gratis terbaik yang bisa Anda coba. Silakan perhatikan kelebihan dan kekurangan yang telah disebutkan tadi. Sesuaikan dengan  kebutuhan editing video Anda dan selamat mencoba. Kami juga memiliki rekomendasi artikel mengenai download tiktok tanpa air ago yang bisa kamu ikuti langkah – langkahnya.

5/5 - (1 vote)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top