Ini Dia Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop Asus, Dijamin Anti Gagal!

Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop AsusApakah touchpad laptop Asus Anda tidak bisa berfungsi? Tak usah risau. Karena kami akan berikan informasi tentang cara mengaktifkan touchpad laptop Asus melalui artikel ini. Dijamin anti gagal!

Beberapa pengguna laptop mungkin lebih kerap menggunakan touchpad ketimbang mouse. Selain praktis karena sudah menjadi bagian paket desain, juga mungkin terkait kenyamanan dan kebiasaan.

Umumnya orang memakai mouse ketika bermain game atau melakukan aktivitas lain yang memang memerlukan bantuan mouse. Tapi untuk urusan mengetik ataupun browsing, touchpad biasanya akan jadi pilihan.

Ngomong-omong soal touchpad, kadang komponen yang satu ini rentan tak berfungsi. Entah faktor ketidaksengajaan, entah karena sistem eror pada Windows. Beberapa pengguna laptop Asus kadang mengeluhkan hal seperti ini.

Nah, apabila touchpad pada laptop Asus tidak berfungsi, tak perlu risau. Jangan pula buru-buru ambil kesimpulan rusak, sehingga harus ganti laptop baru.  Siapa tahu ketidakfungsian touchpad laptop Asus Anda itu karena faktor ketidaksengajaan Anda sendiri yang menjadikannya non-aktif.

Jika memang karena tak sengaja menonaktifkan, ada kok cara untuk mengaktifkan (lagi) touchpad laptop Asus. Mau tahu? Simak penjelasan kami hingga akhir.

Kenapa Touchpad Laptop Asus Tidak Berfungsi?

Sebelum masuk pada bahasan tentang cara mengaktifkan touchpad laptop Asus, ada baiknya simak dulu ulasan tentang penyebab touchpad laptop Asus tidak berfungsi. Ini penting kami utarakan, supaya Anda bisa menghindari atau setidaknya menjadi bahan antisipasi ke depannya.

Nah, secara umum, penyebab touchpad laptop Asus tak berfungsi itu karena dua hal. Pertama, adanya masalah/eror pada sistem, dan kedua, karena kelalaian penggunanya. Itu aja sih, kayaknya. Tak usahlah bawa-bawa takdir dengan mengatakan, “karena sudah takdirnya”.

Sebagai contoh, touchpad tiba-tiba terkunci setelah dilakukan Windows Update. Nah, jika memang begitu, silakan Anda matikan saja update Windows pada pengaturan supaya tak terjadi lagi hal serupa.

Touchpad laptop tidak dapat berfungsi juga bisa akibat kelalaian penggunanya. Misal sering ketumpahan remah-remah makanan, ataupun air, karena penggunanya acap makan dan minum di depan laptop. Atau, bisa karena pemakaian yang kasar.

Namun, boleh jadi touchpad tidak berfungsi itu karena memang belum diaktifkan. Nah, kalau kasusnya demikian, Anda bisa amalkan beberapa opsi cara untuk mengaktifkan kembali touchpad laptop Asus yang Anda miliki.

Beberapa Opsi Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop Asus

  1. Mengaktifkan Touchpad Laptop Asus Lewat Pengaturan Touchpad di BIOS

Ketika touchpad laptop mati alias tak berfungsi, Anda bisa memastikannya dengan mengecek ke pengaturan BIOS. Cara ini sekaligus untuk bisa mengaktifkannya kembali, jika memang pengaturan di BIOS statusnya disable.

Baca juga : Aplikasi Translate Bahasa Indonesia Ke Bahasa Bali

Apa itu BIOS?

BIOS adalah sebuah sistem dasar yang mengatur proses input dan output data pada sistem komputer. BIOS ini punya peran sebagai pengatur fungsi-fungsi dari seluruh perangkat komputer. Dengan kata lain, BIOS berfungsi sebagai basic pengaturan pelbagai hal yang ada di laptop. Tak terkecuali pengaturan touchpad.

Umumnya pengaturan touchpad di BIOS itu aktif atau enable. Tapi kadang juga bisa nonaktif atau disable tanpa diketahui, karena mungkin ada perbaikan ataupun pembaharuan BIOS.

Lalu bagaimana cara untuk mengecek status aktif-tidaknya touchpad di BIOS? Silakan ikuti step-stepnya sebagai berikut:

  • Pertama-tama, silakan matikan laptop.
  • Lalu nyalakan kembali. Pada saat proses booting, segera tekan tombol F2 sebelum masuk ke Windows.
  • Nah, jika berhasil, Anda akan masuk ke jendela BIOS.
  • Jika sudah masuk ke menu BIOS, silakan cari pengaturan “Internal Pointing Device”.
  • Jika sudah ketemu, silakan cek apakah statusnya Enable atau Disable. Bila statusnya Disable, berarti tidak berfungsinya touchpad pada laptop Anda disebabkan karena memang belum aktif sejak di pengaturan BIOSnya.
  • Nah, untuk mengaktifkannya, sikakan ubah status Disable menjadi Enable.
  • Jika sudah, silakan keluar dari BIOS dengan memilih opsi “Save Changes and Exit”. Selesai. Touchpad laptop Anda pun kini sudah aktif dan dapat digunakan.

Bagaimana, tidak sulit kan?

Namun bila setelah dicek di pengaturan BIOS statusnya Enable, sementara touchpad tidak berfungsi, silakan coba opsi berikutnya.

  1. Mengaktifkan Touchpad Laptop ASUS Lewat Keyboard

Cara mengaktifkan touchpad laptop Asus berikutnya bisa dilakukan melalui bantuan keyboard. Cara ini berlaku bagi semua laptop Asus baik yang berbasis sistem operasi Windows 10 maupun Windows 7 atau versi lainnya. Cara ini ditempuh dengan melakukan kombinasi tombol pemintas atau shortcut keyboard.

Umumnya, tombol untuk mengaktifkan touchpad laptop terletak di deretan tombol F1, F2, F3 sampai F12. Untuk mengaktifkannya, Anda cukup menekan kombinasi tombol Fn + salah satu tombol dari deretan F1 sampai F12 tersebut. Berikut adalah beberapa kombinasi tombol untuk mengaktifkan touchpad pada laptop Asus:

  • Kombinasi “Fn + F9”
  • F3
  • Kombinasi “Fn + F5”
  • Kombinasi “Fn + F6”
  • Kombinask “Fn + F7”

Atau lebih enaknya, silakan cek ikon touchpad berada di tombol F berapa di deretan F1 hingga F12. Dan tidak menutup kemungkinan ikon touchpad berada di luar deretan tombol F1 sampai F12. Intinya, silakan cek satu per satu. Jika sudah ketemu, Anda tinggal mengkombinasikannya dengan tombol “Fn” yang umumnya terletak di antara tombol “Ctrl” dan “Win”.

  1. Mengaktifkan Touchpad Laptop Asus Melalui Update Driver

Touchpad laptop Asus Anda masih tidak berfungsi? Bisa jadi karena driver laptopnya sudah out of date, alias kadaluarsa. Lantas solusinya bagaimana? Ya di-update lah. Jadi, cara untuk mengaktifkan touchpad laptop Asus bisa ditempuh lewat update driver.

Ada dua cara yang bisa ditempuh untuk mengupdate driver, termasuk driver touchpad.

  • Anda bisa menggunakan aplikasi “Driverpack Solution Online” yang dapat mengunduh secara otomatis semua driver terbaru.
  • Anda bisa melakukannya secara manual lewat fitur “Device Manager”. Caranya? Silakan ikuti step-step berikut ini:

Baca juga : Aplikasi Translate Bahasa Bugis ke Indonesia

  1. Silakan ketuk kolom search pada start menu, lalu ketik Device Manager. Setelah itu, silakan buka fitur Device Manager.
  2. Silakan cari entri “Mice and Other Pointing Devices”. Jika sudah ketemu, silakan klik, nanti biasanya ada dua entri yang muncul di dalamnya: HID-Compliant Mouse.
  3. Silakan klik kanan pada masing-masing kedua entri HID-Compliant Mouse, lalu pilih opsi “Update Driver”.
  4. Jika muncul menu box yang menampilkan opsi “Search Automatically for Drivers” dan “Browse My Computer for Drivers”, silakan pilih atau klik opsi yang pertama, yaitu “Search Automatically for Drivers”. Tunggu hingga proses pencarian dan instal otomatis driver selesai.
  5. Jika sudah selesai, silakan matikan laptop, lalu nyalakan lagi. Kemudian cek apakah touchpad sudah berfungsi atau belum. Selesai.

Sangat mudah, bukan?

  1. Mengaktifkan Touchpad Laptop Asus dengan Cara Uninstall Driver

Cara berikutnya untuk mengaktifkan touchpad laptop Asus dapat dilakukan dengan cara menguninstall drivernya. Apa?? Mengaktifkan kok  malah dengan cara menguninstall drivernya?

Eits, jangan salah. Cara ini merupakan langkah anti tesis dari cara sebelumnya. Dengan kata lain, jika dengan cara mengupdte driver touchpad laptop masih belum berfungsi, maka Anda bisa mencoba dengan cara menguninstall drivernya.

Terdengar aneh dan kontradiktif memang. Namun perlu Anda ketahui bahwa meski Driver Touchpad diunistall atau bahkan dihapus, ia akan tetap aman. Karena saat dinyalakan ulang, Driver Touchpad akan terinstall kembali secara otomatis.

Caranya? Sama seperti langkah-langkah untuk mengupdate driver. Namun yang dipilih bukan opsi “Update Driver”, melainkan “Uninstall”. Berikut step-stepnya:

  • Silakan ketuk kolom search pada start menu, lalu ketik Device Manager. Setelah itu, silakan buka fitur Device Manager.
  • Silakan cari entri “Mice and Other Pointing Devices”. Jika sudah ketemu, silakan klik, nanti biasanya ada dua entri yang muncul di dalamnya: HID-Compliant Mouse.
  • Silakan klik kanan pada masing-masing kedua entri HID-Compliant Mouse, lalu pilih opsi “Uninstall”.
  • Jika sudah, silakan restart laptop. Lalu cek apakah touchpad sudah berfungsi atau belum. Selesai.

Tapi, bagaimana jika touchpad masih belum berfungsi walau semua opsi di atas telah ditempuh satu per satu? Ada dua hal yang harus diperhatikan.

Pertama, pastikan charger laptop Asus Anda berfungsi dengan baik. Sebab, charger laptop yang rusak biasanya dapat memengaruhi komponen laptop lainnya. Termasuk touchpad. Karena itu, silakan coba charge laptop menggunakan charger lain. Lalu cek, apakah touchpad berfungsi atau tetap masih tak berfungsi.

Kedua, silakan periksa baterai laptop. Apakah masih kondisinya masih baik atau tidak. Jika baterai bermasalah, touchpad pun bisa terpengaruh.

Itulah beberapa opsi cara untuk mengaktifkan touchpad laptop Asus yang bisa Anda lakukan. Semua opsi yang telah dikemukakan kami kira sangat mudah dilakukan. Nah, bila Anda tertarik untuk mencobanya, maka selamat mencoba!

5/5 - (1 vote)

Leave a Comment