Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di HP Tanpa Aplikasi

Begini Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di HP Tanpa Aplikasi, Dijamin Mudah dan Anti Gagal!

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di HP Tanpa Aplikasi – Apakah Anda sedang mencari informasi tentang cara mengembalikan file yang terhapus di HP tanpa aplikasi?  Selamat, Anda sudah berada di jalur yang benar. Karena kami, melalui artikel ini, akan sajikan informasi tentang cara mengembalikan file yang terhapus di HP tanpa harus instal aplikasi tertentu.

Namun sebelumnya perlu dikemukakan terlebih dahulu bahwa tak sengaja menghapus file penting di HP kadang bikin panik. Apalagi file tersebut ada kaitannya dengan urusan kerjaan kantor, misalnya. Bayangan “tak akan kembali” atau “tak bisa diselamatkan” yang selalu muncul di benak, justru menambah kepanikan. Hingga tak jarang berujung frustasi.

Belum lagi mencuat informasi miring bahwa sangat sulit untuk mengembalikan data yang terhapus di HP Android. Kalaupun Anda bisa mengembalikannya, ponsel Android harus di-root terlebih dahulu. Tak hanya itu, konon, data yang terhapus tidak akan kembali dengan sempurna. Filenya corrupt atau rusak saat dibuka. Jadi ya percuma.

Sebenarnya ketika Anda tak sengaja menghapus file penting di HP, entah karena kurang fokus atau karena ulah buah hati, Anda tak perlu panik berlebih. Apalagi sampai frustasi. Toh, sekarang ini banyak cara yang bisa Anda tempuh untuk mengembalikan file yang terhapus di HP .

Aplikasi-aplikasi untuk merestore data atau file yang terhapus sudah banyak bermunculan di Google PlayStore atau AppsStore. Anda tinggal mendownload dan menginstalnya di ponsel yang Anda pakai. Cukup sediakan fasilitas internet, lalu buka Google PlayStore atau AppsStore, kemudian pilih aplikasi restore data/file yang dikehendaki, selanjutnya ketuk “Instal” atau “Pasang”. Setelah terpasang, tinggal jalankan aplikasinya, lalu ikuti langkah-langkahnya. Selesai.

Apa??

Anda menginginkan cara mengembalikan file yang terhapus di HP tanpa instal aplikasi tertentu? Oh, jangan khawatir. Simak saja artikel ini sampai tuntas.

Baca Juga:  Aplikasi Translate Bahasa Minang ke Indonesia

Cara mengembalikan file yang terhapus di HP tanpa instal aplikasi tentu saja ada, dan bisa Anda lakukan dengan sangat mudah. Anda tak perlu repot mendownload dan menginstal aplikasi restore data/file tertentu. Cukup gunakan saja ponsel dan perangkat aplikasi bawaannya.

Baca juga : Cara Mencerahkan Layar Laptop Asus

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di HP Tanpa Aplikasi

Mau tahu caranya? Silakan baca paragraf-paragraf di bawah ini sampai habis.

Kembalikan File Yang Terhapus di HP Lewat Fitur “Trash” Google Photos

Cara mengembalikan file yang terhapus di HP tanpa aplikasi dapat Anda lakukan dengan menggunakan bantuan Google Photos. Apa itu Google Photos? Google Photos adalah aplikasi bawaan yang tersemat di setiap HP Android.

Aplikasi Google Photos biasanya akan mencadangkan file-file foto atau video secara otomatis, dengan catatan si pengguna  ponsel telah memberikan ijin pencadangan di pengaturan awal untuk aplikasi ini. Biasanya proses pencadangan dilakukan saat ponsel terhubung dengan jaringan Wifi.

Nah, apabila Anda tak sengaja menghapus file foto atau video penting, entah karena kurang fokus atau karena ulah buah hati Anda, tak usah panik dan khawatir. Anda bisa mengembalikan file tersebut lewat bantuan aplikasi bawaan ponsel yang satu ini. 

Caranya? Anda bisa memanfaatkan fitur “Trash” yang ada pada aplikasi Google Photos. Fitur ini akan menampilkan semua file foto ataupun video yang pernah Anda hapus, baik sengaja maupun tak sengaja.

Silakan buka Google Photos pada perangkat ponsel Anda. Lalu pilih fitur “Trash” atau “Sampah” di tampilan bawah sebelah kiri. Namun bila fitur “Trash” tidak langsung tampil di laman Google Photos bagian bawah, silakab klik simbol titik tiga vertikal, kemudian pilih fitur “Trash” atau “Sampah”.

Baca Juga:  Aplikasi Translate Bahasa Makassar ke Indonesia

Setelah masuk ke laman “Trash” atau “Sampah”, silakan pilih file foto atau video yang hendak dikembalikan. Selanjutnya tinggal klik opsi “Restore” atau “Pulihkan” untuk mengembalikan file yang terhapus tadi ke penyimpanan semula. 

Namun perlu Anda ketahui bahwa fitur “Trash” pada Google Photos hanya menampung file-file yang terhapus dalam rentang waktu 60 hari saja. Lebih dari itu, file-file yang sudah terhapus tidak tertampung lagi, alias hilang.

Baca juga : Baca Novel Gratis Tanpa Aplikasi

Mengembalikan File Yang Terhapus di HP Melalui Fitur “Trash” Gallery

Selanjutnya cara mengembalikan file yang terhapus di HP tanpa aplikasi bisa dilakukan lewat Gallery atau Photos yang merupakan aplikasi bawaan ponsel Android. Pada ponsel Android terbaru biasanya aplikasi Gallery atau Photos sudah dilengkapi dengan fitur “Trash” atau “Recently Deleted”.

Nah, fitur “Trash” ataupun “Recently Deleted” pada Gallery/Photos ini memiliki fungsi sebagai tempat penampungan sementara bagi file-file foto maupun video yang terhapus dari galeri ponsel. Namun rentang waktu penampungan pada fitur tersebut tidak begitu lama. Ada yang kisaran 30 hari, ada juga yang kisaran 60 hari. Tergantung ponselnya. Tapi secara umum biasanya hanya sekitar 30 hari. Lebih dari itu, file-file yang berada di sana akan terhapus secara permanen.

Lalu bagaimana cara melakukannya?

Pertama-tama, silakan masuk ke menu Gallery atau Photos pada ponsel Android yang Anda gunakan. Lalu klik simbol garis tiga vertikal (garis tumpuk tiga), kemudian pilih “Trash” atau “Sampah”.

Selanjutnya pilih file foto ataupun video yang akan dikembalikan ke penyimpanan awal. Kemudian klik opsi “Restore” atau “Pulihkan”. Selesai. File foto atau video yang terhapus secara tak sengaja pun kini telah kembali ke tempat semula. Cukup mudah, kan?

Baca Juga:  Beberapa Opsi Cara Mencerahkan Layar Laptop Asus

Mengembalikan File Yang Terhapus di HP Lewat Fitur “Trash” File Manager

Cara berikutnya untuk mengembalikan file yang terhapus di HP tanpa aplikasi adalah dapat dilakukan dengan bantuan fitur “Trash” pada File Manager. Bagi ponsel Android terbaru biasanya pada aplikasi bawaan bernama File Manager sudah dibekali fitur “Trash”. Fitur ini mirip dengan fitur “Recycle Bin” pada laptop atau desktop berbasis Windows.

Fitur “Trash” pada File Manager berfungsi sebagai tempat penampungan sementara file-file buangan. Bukan hanya file yang berupa foto atau video, fitur ini menampung semua jenis file yang terbuang/terhapus dari ponsel. Artinya, lebih luas cakupannya daripada fitur “Trash” yang ada pada Gallery ataupun Google Photos.

Untuk menggunakannya pun tergolong mudah. Tak jauh berbeda dengan langkah-langkah penggunaan fitur “Trash” pada Gallery maupun Google Photos. Tinggal masuk/buka File Manager di ponsel Anda, lalu klik simbol titik tiga vertikal di pojok kanan-atas, kemudian pilih “Trash” atau “Sampah”.

Setelah masuk di laman “Trash, silakan pilih file yang akan dikembalikan ke penyimpanan semula. Kemudian ketuk menu “Restore” atau “Pulihkan”. File yang terhapus pun kini sudah kembali ke tempat penyimpanan awal. Selesai. Sangat mudah, bukan?

Nah, itulah beberapa opsi cara mengembalikan file yang terhapus di HP tanpa harus menginstal aplikasi tertentu. Cukup gunakan fitur “Trash” atau “Sampah” yang ada pada aplikasi bawaan ponsel seperti Gallery atau Photos, File Manager maupun Google Photos. Tak perlu repot mendownload dan menginstal aplikasi pihak ketiga, yang hanya memakan ruang penyimpanan ponsel. Langkah-langkahnya pun sangat mudah dan praktis. Bagaimana, Anda mau mencobanya?

Selamat mencoba!

5/5 - (1 vote)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top