Tak Perlu Panik, Begini Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Laptop

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di LaptopJika Anda dengan tak sengaja menghapus file dari laptop, padahal file tersebut adalah file penting, janganlah buru-buru panik. Ada kok cara untuk mengembalikan file yang terhapus di laptop yang bisa Anda tempuh. Mau tahu bagaimana caranya? Silakan simak paragraf-paragraf berikut sampai tuntas.

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Laptop

  1. Mengembalikan File Yang Terhapus Melalui Fitur “Recycle Bin”

Cara pertama untuk mengembalikan file yang terhapus di laptop bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur “Recycle Bin” pada laptop Anda. Fitur ini biasanya disimbolkan dengan gambar tong sampah.

Apa itu fitur “Recycle Bin”?

Recycle Bin adalah salah satu fitur pada perangkat komputer yang berfungsi sebagai direktori atau tempat sementara untuk menampung file—bahkan folder—yang telah dihapus. So, ketika Anda menghapus sebuah file atau folder, misalnya, maka file atau folder tersebut tidak langsung hilang begitu saja, melainkan tersimpan sementara di Recycle Bin.

Dengan catatan, Anda menghapusnya tidak dengan kombinasi tombol Shift + Del (Delete) yang merupakan perintah hapus secara permanen. Atau, Anda juga tidak memperlakukan setting “Dont’t move files to the Recycle Bin. Remove files immediately when delete” pada pengaturan “Recycle Bin Properties”.

Selama Anda tidak melakukan hal tersebut di atas, kemungkinan besar file yang terhapus akan tersimpan sementara di Recycle Bin. Hanya saja, file yang tersimpan di “Recycle Bin” itu berbatas waktu. Umumnya sekitar 30 hari. Lebih dari itu, file akan terhapus secara permanen.

Nah, bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus di laptop dengan menggunakan fitur “Recycle Bin”? Caranya sangat mudah. Tinggal masuk ke menu “Recycle Bin” pada laptop yang digunakan (biasanya disimbolkan dengan gambar tong sampah). Setelah itu, silakan cari dan pilih file yang hendak dikembalikan. Lalu klik kanan dan pilih opsi “Restore”. Selesai. File yang terhapus pun kini sudah kembali ke tempat penyimpanan semula.

Namun bila Anda kesulitan untuk mencari fitur “Recycle Bin” pada perangkat laptop yang Anda pakai lantaran menggunakan Windows 10 atau 11, dan mungkin belum Anda tampilkan di laman depan layar laptop, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Setelah laptop menyala, silakan klik tombol “Start” di pojok kiri-bawah, atau tekan tombol “Windows” pada keyboard. Kemudian  klik menu “Settings” yang disimbolkan dengan gambar gear sebagaimana ditunjukkan pada gambar di bawah.
Klik Menu Setting
Klik Menu Setting
  • Setelah masuk ke dalam menu “Settings”, silakan klik entri “Personalization”, lalu klik “Themes”. Kemudian cari dan klik menu “Desktop Icon Settings” yang letaknya berada di sebelah kanan layar. Setelah diklik akan muncul tampilan seperti ini:
Dekstop Icon Settings
Dekstop Icon Settings
  • Silakan centang “Recycle Bin” pada entri Desktop Icons, sebagaimana ditunjukkan pada gambar di atas. Jika sudah dicentang,  silakan klik “OK”. Ikon “Recycle Bin” pun sudah muncul di laman depan laptop Anda.
  • Selanjutnya silakan klik atau buka “Recycle Bin”, sehingga muncul tampilan seperti gambar di bawah:

    Restore
    Restore
  • Lalu pilih file mana saja yang hendak Anda kembalikan/pulihkan. Jika sudah, silakan klik kanan dan pilih “Restore”. Selesai. File yang terhapus pun kini sudah kembali ke tempat penyimpanan semula.

Bagaimana, sangat mudah kan?

Baca juga : Pulsa Gratis Telkomsel 50.000 Tanpa Aplikasi

  1. Mengembalikan File Yang Terhapus Lewat Command Prompt atau CMD

Cara berikutnya untuk mengembalikan file yang terhapus di laptop bisa dilakukan dengan bantuan Command Prompt atau biasa disebut CMD. Apa itu CMD? Ia adalah sebuah aplikasi Command Line Interpreter (CLI) yang ada pada sistem operasi Windows. Tugasnya mengeksekusi tiap perintah yang diberikan oleh user untuk mengetahui sistem pada Windows tanpa perlu menavigasi program berbasis GUI seperti File Explorer, Control Panel, dan sebagainya.

Nah, ternyata untuk mengembalikan file yang terhapus di laptop bisa memanfaatkan bantuan CMD ini. Bagaimana caranya? Silakan simak step-stepnya di bawah ini:

  • Pertama-tama silakan nyalakan laptop. Lalu klik “Start”, atau tekan tombol “Windows” pada keyboard.
  • Kemudian ketik “cmd” di kolom “Search” yang lazim disimbolkan dengan kaca pembesar.
  • Setelah ketemu, silakan klik kanan pada aplikasi “CMD” yang muncul di kotak pencarian pilih, kemudian pilih “Run as Administrator”. Nanti akan terbuka jendela/laman CMD pada layar laptop Anda.
  • Jika jendela/laman CMD terbuka, silakan ketik “chkdsk X: /f”, lalu tekan Enter pada keyboard. Ganti dengan huruf Hard Drive Anda. “X”
  • Kemudian ketik “ATTRIB -H -R -S /S /D X:*.*” lalu tekan Enter. Ganti lagi dengan huruf Hard Drive Anda. “X”
  • Tunggu proses pemulihan atau restorasi hingga selesai.

Catatan: Proses restorasi atau pemulihan mungkin membutuhkan waktu yang agak sedikit lama. So, bersabarlah dan jangan sampai anda menghentikan prosesnya. Upayakan untuk tidak menggangu aktivitas restorasi hingga benar-benar selesai, dengan tidak melakukan apa pun pada laptop Anda.

Tidak terlalu sulit, bukan?

  1. Mengembalikan File Yang Terhapus Melalui Fitur “File History Backup”

Selanjutnya cara mengembalikan file yang terhapus di laptop bisa dilakukan melalui bantuan fitur “File History Backup”. Apa itu fitur “File History Backup”? File History Backup adalah sebuah fitur yang ada pada Windows yang berfungsi untuk backup data yang terhapus di komputer ataupun laptop.

Fitur “File History Backup” sendiri merupakan pengganti fitur “Pencadangan dan Pemulihan” yang ada pada Sistem Operasi Windows versi sebelumnya. Fitur ini memungkinkan untuk pemulihan secara sederhana bagi file-file yang ada di dalam “Recycle Bin”.

Bagaimana cara menggunakan fitur ini untuk mengembalikan file yang terhapus di laptop? Silakan ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, nyalakan laptop Anda, lalu buka/klik menu “Start”, atau bisa dengan cara menekan tombol Windows pada keyboard.
  • Lalu silakan ketik “restore files” pada kolom Search, kemudian tekan tombol Enter.
  • Selanjutnya temukan folder tempat file yang terhapus seharusnya berada.
  • Kemudian ketuk tombol “Restore” untuk memulihkan file ke lokasi aslinya.
  • Namun bila Anda tidak dapat menemukan folder apa pun di dalamnya, besar kemungkinan fitur “Riwayat File” pada laptop Anda dimatikan. Silakan periksa dan aktifkan terlebih dahulu, lalu ikuti langkah-langkah yang sudah disebutkan di atas.

Cukup mudah, kan?

  1. Mengembalikan File Yang Terhapus Lewat Aplikasi Recuva

Cara mengembalikan file yang terhapus di laptop berikutnya adalah bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi  Recuva. Ia adalah sebuah aplikasi/software yang berfungsi untuk file recovery atau pemulihan file. Termasuk untuk mengembalikan file yang telah terhapus dari folder penyimpanan.

Recuva merupakan salah satu aplikasi file recovery yang dikenal dengan kemudahan bagi penggunaannya. Walau ditawarkan sebagai tool berbayar, jangan khawatir, Anda bisa mengunduh versi gratisnya kok. Anda bahkan tak perlu mendapatkan versi premium untuk bisa melakukan file recovery tanpa batas.

Untuk menggunakannya, silakan download dan instal aplikasi Recuva di laptop Anda melalui AppsStore yang bisa Anda kunjungi. Setelah itu, silakan ikuti langkah-langkah selanjutnya seperti ini: 

  • Buka atau jalankan aplikasi Recuva pada perangkat laptop Anda.
  • Silakan pilih partisi penyimpanan tempat asal file yang hendak dikembalikan.
  • Lalu klik tombol “Scan” untuk memindai partisi tersebut. Tunggu hingga proses pemindaian selesai.
Scan Recuva
Scan Recuva

Baca juga : Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop Asus

  • Jika proses pemindaian selesai, Recuva akan menampilkan semua file yang telah terhapus dari partisi yang dipilih.
  • Selanjutnya silakan centang checkbox di sisi paling kiri layar untuk menandai file yang hendak dikembalikan.
  • Kemudian klik tombol “Recover” yang letaknya berada si pojok kanan-bawah. Nah, dengan menekan tombol tersebut, file-file yang sudah Anda centang tadi sudah kembali di penyimpanan asalnya.
Recover
Recover

Catatan: tidak semua file dapat direkoveri. Anda perlu memeriksa status file yang diinginkan pada tabel State. Jika file berstatus “Unceroverable”,  berarti ia tidak dapat dikembalikan. Kemungkinan besar file ini sudah tertindih oleh file lainnya.

  1. Mengembalikan File Yang Terhapus Menggunakan MiniTool Power Data Recovery

Cara untuk mengembalikan file yang terhapus di laptop bisa juga Anda lakukan dengan menggunakan  bantuan aplikasi MiniTool Power Data Recovery. Sesuai namanya, aplikasi ini berfungsi untuk memulihkan data. Termasuk untuk mengembalikan data atau file yang terhapus.

Aplikasi ini bisa didapat secara gratis. Tinggal Anda cari di AppsStore atau bisa melalui bantuan mesin pencari Google dengan mengetikkan teks “download MiniTool Power Data Recovery”. Setelah itu, silakan instal aplikasi tersebut di laptop Anda.

Walaupun kapasitas ukuran file yang bisa direcover terbatas, yaitu hanya sekitar 1GB, namun terdapat beberapa kelebihan yang tidak ditemukan di Recuva. Di antaranya:

  • Hasil pemindaian MiniTool Power Data Recovery disajikan dengan tampilan yang lebih terorganisir.
  • Anda bisa meminta tool ini untuk menampilkan file dengan jenis tertentu. Caranya tinggal klik menu “Filter” di bagian atas Windows, lalu klik tombol “All Files” untuk menentukan jenis filenya.
MiniTool Power Data Recovery
MiniTool Power Data Recovery

Nah, apabila Anda sudah menemukan file-file atau folder yang hendak dikembalikan, silakan centang checkbox yang tersedia si sebelah kiri untuk menentukan file atau folder mana saja yang akan dikembalikan. Lalu klik tombol “Save” berwarna orange yang terletak si pojok kanan-bawah. Selesai.

Bagaimana, sangat mudah kan?

Itulah beberapa opsi cara mengembalikan file yang terhapus di laptop. Semua prosesnya kami kira sangat mudah untuk dilakukan. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk langsung mencobanya?

Selamat mencoba!

5/5 - (1 vote)

Leave a Comment