12 Cara Mengetahui Handphone Dihack

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang cara mengetahui handphone dihack? Nah, Anda sudah berada di jalur yang tepat. Sebab, kami akan berikan 12 cara mengetahui handphone dihack.

Cara mengetahui handphone dihack sangat bisa Anda lakukan. Sekarang ini sudah banyak informasi apa pun yang bisa diakses. Termasuk informasi tentang cara mengetahui handphone dihack. Tinggal sediakan aja kuota internet yang mumpuni, lalu gunakan ponsel pintar Anda untuk browsing sembari ngising, eh, singing.

Cara mengetahui handphone dihack sebenarnya bisa dilakukan dengan cara mencermati gejala-gejala aneh dan mencurigakan yang muncul di ponsel. Siapkan saja daya peka yang maksimal.

Memangnya seperti apa sih cara mengetahui gejala handphone dikack? Berikut kami sajikan informasinya.

Gejala-gejala Yang Mengindikasikan Handphone Dihack

Cara untuk mengetahui handphone dihack bisa Anda tengarai dari munculnya gejala-gejala aneh pada handphone. Sebab handphone yang dihack umumnya akan memunculkan tanda atau ciri berupa gejala-gejala tak wajar, seperti:

  • Ponsel Tiba-Tiba Melakukan Aktivitas Aneh Tanpa Kontrol

Cara mengetahui handphone dihack, salah satunya bisa dilihat dari gejala aneh seperti hidup, mati, atau mulai menginstal aplikasi sendiri tanpa kontrol. Nah, bila ponsel Anda mengalami gejala ini bisa jadi seseorang telah meretasnya. Namun bisa jadi juga karena ada kerusakan/masalah pada ponsel sih.

Oleh karena itu, periksa dan pastikan dulu apakah gejala-gejala tersebut karena ada kerusakan pada ponsel atau bukan. Bila sudah memastikan bahwa tidak ada masalah pada ponsel, berarti gejala tersebut mengindikasikan karena diretas.

  • Muncul Aplikasi Yang Anda Tidak Pernah Menginstalnya

Jika mendapati aplikasi-aplikasi misterius yang tiba-tiba terpasang dan muncul di handphone, sementara Anda merasa tidak pernah mendownload dan menginstalnya, sebaiknya Anda patut curiga bahwa ponsel Anda telah disadap. Segera lakukan uninstal dan hapus dari perangkat ponsel.

  • Saat Menelepon Sering Muncul Suara Tak Biasa

Gejala lain yang bisa menjadi ciri ponsel dihack adalah ketika Anda menelepon, kemudian akan mendengar suara-suara tak biasa sepanjang aktivitas menelepon. Seperti apa sih yang dimaksud dengan suara-suara tak biasa?

Konon, suara-suara tak biasa meliputi suara statis yang berdenyut, dengungan dengan nada yang cukup tinggi, dan suara latar yang bising dan menggema. Selain itu, suara tak biasa juga meliputi nada atau bunyi bip, klik, atau bunyi-bunyi teratur lainnya yang muncul, baik saat sedang menelepon maupun tidak sedang menelepon.

Baca juga : Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Laptop

Akan tetapi, munculnya suara-suara tersebut bukanlah satu-satunya patokan pasti bahwa handphone sedang dihack. Boleh jadi memang ada masalah pada ponsel. So, sebaiknya dicek terlebih dahulu apakah bunyi /suara yang muncul itu bagian dari kerusakan umum ponsel atau bukan.

  • Muncul Pesan Teks  Aneh

Gejala lain yang bisa dijadikan ciri handphone dihack adalah muncul pesan dengan teks yang aneh. Isinya huruf dan angka kacau. Biasanya dikirim oleh nomor tidak dikenal. Sebab  aplikasi penyadapan biasanya menerima perintah melalui pesan teks berkode. Anda patut mewaspadai bila terjadi gejala ini.

  • Terjadi Keanehan Saat Mematikan HP

Cara mengetahui handphone dihack juga bisa ditengarai melalui gejala aneh yang terjadi saat mematikan ponsel. Misal HP kurang responsif dan sulit dimatikan. Bisa jadi gejala tersebut dipengaruhi oleh akses tak sah yang dipegang orang lain terhadap HP kita.

Karena itu, ketika mematikan HP, pastikan selalu mengecek apakah proses tersebut gagal atau lampu latar tetap menyala walau HP telah dimatikan. Apabila kedua hal ini terjadi, selain terkait dengan penyadapan, bisa jadi karena ada perangkat lunak berbahaya, atau telah terjadi kesalahan update sistem.

  • Daya Baterai Cepat Berkurang Meski Tak Digunakan

Gejala lain yang mengindikasikan handphone dihack adalah baterai cepat habis padahal jarang digunakan. Gejala ini muncul akibat dari penggunaan ponsel oleh lebih dari satu orang. Saat handphone diretas, secara tidak langsung, si peretas juga sedang menggunakan ponsel yang diretasnya. Tentu ini berpengaruh pada beban pemakaian baterai.

Namun satu hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu, seberapa sering HP digunakan? Apakah lebih banyak panggilan suara atau penggunaan aplikasi? Jika memang sering digunakan dan lebih banyak dipakai untuk membuka aplikasi-aplikasi berat, maka berkurangnya daya baterai bukan karena disadap, melainkan karena memang faktor pemakaian belaka.

Nah, untuk mengecek penggunaan baterai HP secara detail, Anda bisa memanfaatkan pengaturan ponsel. Berikut adalah langkah-langkah mengecek penggunaan baterai dengan pengaturan ponsel:

  • Untuk HP jenis iPhone, silakan buka Pengaturan, lalu pilih opsi Baterai, kemudian scroll ke bawah hingga ketemu entri Penggunaan Baterai.
  • Sementara untuk HP Android, silakan buka Pengaturan, lalu pilih Perangkat, kemudian pilih Baterai, lalu silakan cek aplikasi mana yang menggunakan daya baterai paling banyak.

Memeriksa penggunaan baterai dengan teknik yang disebutkan di atas adalah salah satu cara untuk mengetahui jenis aplikasi mana yang memakan banyak daya baterai, sehingga memengaruhi daya baterai cepat berkurang.  Silakan untuk lakukan pemeriksaan secara rutin. Tandai aplikasi mana saja yang banyak menggunakan daya.

Jika memang Anda familiar dengan aplikasi yang memakan banyak daya, maka boleh jadi bukan karena faktor penyadapan. Namun jika aplikasi yang memakan banyak daya itu tidak Anda kenal, bisa jadi  aplikasi tersebut adalah malware atau virus yang mungkin saja bagian dari intrik penyadapan. Segera hapus aplikasi mencurigakan tersebut sebagai langkah antisipatif.

Baca juga : Pulsa Gratis Telkomsel 50.000 Tanpa Aplikasi

  • Ada Pergerakan Tak Terkontrol Pada Ikon Aplikasi di HP

Gejala berupa ada pergerakan tak terkontrol pada aplikasi-aplikasi yang terpasang di handphone Anda, misal tiba-tiba terbuka, lalu melakukan beberapa aktivitas, padahal Anda sedang tidak membuka aplikasi apapun, itu termasuk dari indikasi handphone kena hack. Namun, lagi-lagi, harus dipastikan terlebih dahulu kalau ponsel memang tidak dalam kondisi bermasalah secara internal. Sebab, bisa jadi gejala tersebut muncul akibat adanya kerusakan internal pada handphone.

  • Volume Suara Sering Naik-Turun Sendiri

Tanda terjadi penyadapan pada HP juga bisa ditengarai dari gejala volume suara yang sering naik-turun sendiri saat melakukan aktivitas menelepon. Namun sebelumnya pastikan terlebih dahulu tidak ada kerusakan pada tombol volume ponsel. Sebab, boleh jadi gejala volume naik-turun sendiri akibat ada kerusakan pada tombolnya.

Namun jika Anda sudah dapat memastikan tidak ada kerusakan pada tombol, sementara gejala tersebut terjadi secara berulang-ulang, Anda layak untuk curiga bahwa ponsel sedang kena sadap.

  • Tidak Dapat Mengakses Aplikasi Yang Berhubungan Dengan Akun Rekening

Berikutnya tanda handphone dihack juga dapat ditengarai dari gejala kesulitan untuk mengakses aplikasi penting yang berhubungan dengan akun rekening seperti e-Wallet, M-Banking dan sejenisnya. Saat handphone kena retas, secara otomatis, si peretas punya kontrol penuh atas ponsel yang diretasnya. Termasuk kontrol atas akun rekening yang terpasang di ponsel melalui aplikasi-aplikasi yang ada.

Apabila hal ini terjadi, bisa jadi karena peretas menggunakan teknik swap kartu SIM. Sehingga akun Anda yang harus login dengan kode OTP pun dapat diretas.

  • Sulit Mendapatkan Sinyal Walau Berada di Tempat Yang Akses Sinyalnya Kuat

Cara lain untuk mengetahui handphone dihack juga bisa ditengarai dari gejala pada HP yang kesulitan mendapatkan sinyal, padahal berada di tempat yang akses sinyalnya kuat. Aktivitas peretasan biasanya bisa sebabkan HP yang disadap terputus dari sinyal, bahkan kesulitan untuk mendapat sinyal meski berada di tempat yang akses sinyalnya kuat.

Namun gejala tersebut juga bisa diakibatkan oleh adanya masalah atau eror pada ponsel. Sebaiknya, cek terlebih dahulu dengan cara merestart, apakah masih kesulitan mencari sinyal atau sudah berhasil. Bila masih kesulitan, Anda patut curiga kalau HP sedang disadap.

  • Pesan Masuk (SMS ataupun WA) Sudah Terbaca Padahal Belum Dibuka

Gejala lain yang termasuk dari ciri HP kena hack adalah mendapati pesan masuk, baik SMS ataupun WA, yang tiba-tiba sudah terbaca/terbuka, padahal Anda belum membukanya sama sekali. Gejala ini terjadi karena si penyadap mengontrol semua aktivitas HP yang diretas. Termasuk mengontrol pesan masuk pada HP yang diretasnya.

  • Ada Gambar Asing di Galeri Kamera

Ciri ponsel yang kena hack juga dapat ditengarai dengan adanya gejala tak wajar terkait galeri kamera ponsel. Misal Anda mendapati banyak koleksi foto asing di galeri ponsel, padahal Anda tak pernah melakukan aktivitas memoto atau ambil gambar via kamera ponsel.

Itulah beberapa gejala yang bisa menjadi indikasi handphone dihack. Namun tentu saja untuk memastikan bahwa gejala-gejala tersebut berkaitan dengan aktivitas penyadapan, Anda harus bisa menjamin bahwa handphone tidak mengalami eror atau kerusakan yang bersifat internal. Sebab, bisa jadi munculnya gejala-gejala tersebut di atas malah disebabkan oleh adanya kerusakan internal atau eror pada ponsel, bukan karena penyadapan.

5/5 - (1 vote)

Leave a Comment