Begini Cara Mengetahui HP Kita Disadap Serta Cara Mengatasi dan Mencegahnya

Cara mengetahui HP disadap sangat bisa dilakukan. Ada banyak informasi yang bisa Anda akses. Terlebih di jaman kiwari, yang meniscayakan kemudahan akses informasi. Cukup browsing lewat gawai, sembari duduk santai.

Nah, melalui artikel ini kami akan kasih informasi tentang cara mengetahui HP disadap. Tak hanya cara mengetahui HP disadap, tapi juga cara mengatasi dan mencegahnya. Penasaran? Silakan simak ulasannya sampai tuntas.

Cara mengetahui HP disadap sebetulnya bisa dilakukan dengan cara mencermati gejala-gejala aneh dan mencurigakan yang muncul pada HP. Bahkan untuk melakukannya pun terbilang mudah. Tinggal siapkan kepekaan secara maksimal sebagai modalnya.

Penasaran bagaimana cara mengetahui HP disadap? Silakan baca paragraf-paragraf selanjutnya sampai akhir.

Gejala-gejala Yang Mengindikasikan HP Disadap

Cara mengetahui HP disadap dapat ditengarai dari gejala-gejala aneh yang terjadi pada HP. Sebab, secara umum, HP yang disadap pasti akan memunculkan sebuah tanda atau ciri berupa gejala-gejala tak wajar. Apa saja gejala-gejala tak wajar yang dimaksud? Berikut kami berikan informasinya, antara lain:

  1. Terdapat Suara-suara Tak Biasa Saat Menelepon

Saat Anda menelepon, kemudian Anda mendengar suara-suara tak biasa sepanjang aktivitas menelepon, sebaiknya Anda patut curiga kalau-kalau HP Anda itu disadap. Seperti apa sih yang dimaksud dengan suara-suara tak biasa?

Dilansir dari Tekno.tempo.co, Orami.co.id dan Qoala.app, misalnya, yang dimaksud dengan suara-suara tak biasa meliputi suara statis yang berdenyut, dengungan dengan nada yang cukup tinggi, dan suara latar yang bising dan menggema. Tak hanya itu, suara tak biasa juga meliputi nada atau bunyi bip, klik, atau bunyi-bunyi teratur lainnya yang muncul, baik saat sedang menelepon maupun tidak sedang menelepon.

Meski demikian, munculnya suara-suara tersebut bukanlah satu-satunya patokan pasti bahwa HP sedang disadap. Bisa jadi memang ada masalah pada ponsel. So, sebaiknya dicek terlebih dahulu apakah bunyi /suara yang muncul itu bagian dari kerusakan umum ponsel atau bukan.

Anda bisa menggunakan sensor “bandwidth suara” untuk mengecek suara-suara tak biasa yang muncul pada ponsel. Sensor “bandwidth suara” merupakan sebuah aplikasi pendeteksi kebisingan dari ponsel lain yang dapat digunakan untuk mengukur suara pada perangkat yang berpotensi disadap, termasuk suara dalam frekuensi rendah. Apabila Anda mendapati beberapa kali suara aneh yang muncul dalam satu menit, bisa jadi HP memang sedang disadap.

  1. HP Tiba-Tiba Melakukan Aktivitas Aneh Tanpa Kontrol

Apabila HP mulai menunjukkan gejala seperti hidup, mati, atau mulai menginstal aplikasi sendiri tanpa kontrol, boleh jadi seseorang telah meretasnya melalui sebuah aplikasi mata-mata. Namun bisa juga karena memang ada eror pada ponsel. Untuk memastikannya, periksa terlebih dahulu dan pastikan apakah gejala-gejala tersebut memang karena masalah internal pada HP. Jika dirasa ponsel tak ada masalah, berarti memang HP kena sadap.

  1. Muncul Pesan Teks  Aneh

Gejala lain yang bisa dijadikan ciri HP disadap adalah muncul pesan dengan teks SMS yang aneh. Berisi huruf dan angka kacau. Dikirim oleh nomor yang tidak dikenal. Gejala ini terjadi karena beberapa aplikasi penyadapan biasanya menerima perintah melalui pesan SMS berkode. Anda patut mewaspadai bila terjadi gejala ini.

  1. Ada Pergerakan Tak Terkontrol Pada Ikon Aplikasi di HP

Jika ada pergerakan tak terkontrol pada aplikasi-aplikasi yang terpasang di HP Anda, misal tiba-tiba terbuka, lalu melakukan beberapa aktivitas, padahal Anda sedang tidak membuka aplikasi apapun, itu termasuk dari gejala yang menunjukkan HP sedang disadap. Namun, lagi-lagi, harus dipastikan terlebih dahulu kalau HP memang tidak dalam kondisi bermasalah secara internal. Sebab, bisa jadi gejala tersebut muncul akibat adanya kerusakan internal pada HP.

  1. Terjadi Keanehan Saat Mematikan HP

Cara mengetahui HP disadap juga bisa ditengarai melalui gejala aneh yang terjadi saat mematikan ponsel. Misal HP kurang responsif dan sulit dimatikan. Bisa jadi gejala tersebut dipengaruhi oleh akses tak sah yang dipegang orang lain terhadap HP kita.

Baca Juga:  Baca Novel Gratis Tanpa Aplikasi

Baca juga : Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus di WA

Karena itu, ketika mematikan HP, pastikan selalu mengecek apakah proses tersebut gagal atau lampu latar tetap menyala walau HP telah dimatikan. Apabila kedua hal ini terjadi, selain terkait dengan penyadapan, bisa jadi karena ada perangkat lunak berbahaya, atau telah terjadi kesalahan update sistem.

  1. Daya Tahan Baterai Cepat Berkurang Padahal Jarang Digunakan

Gejala lain yang bisa menandai HP disadap adalah baterai cepat habis padahal jarang digunakan. Gejala ini muncul akibat dari penggunaan HP oleh lebih dari satu orang. Saat HP disadap, secara tidak langsung, si penyadap juga sedang menggunakan HP yang disadapnya. Tentu ini berpengaruh pada beban pemakaian baterai.

Namun satu hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu, seberapa sering HP digunakan? Apakah lebih banyak panggilan suara atau penggunaan aplikasi? Jika memang sering digunakan dan lebih banyak dipakai untuk membuka aplikasi-aplikasi berat, maka berkurangnya daya baterai bukan karena disadap, melainkan karena memang faktor pemakaian belaka.

Nah, untuk mengecek penggunaan baterai HP secara detail, Anda bisa memanfaatkan pengaturan ponsel. Berikut adalah langkah-langkah mengecek penggunaan baterai dengan pengaturan ponsel:

  • Untuk HP jenis iPhone, silakan buka Pengaturan, lalu pilih opsi Baterai, kemudian scroll ke bawah hingga ketemu entri Penggunaan Baterai.
  • Sementara untuk HP Android, silakan buka Pengaturan, lalu pilih Perangkat, kemudian pilih Baterai, lalu silakan cek aplikasi mana yang menggunakan daya baterai paling banyak.

Memeriksa penggunaan baterai dengan teknik yang disebutkan di atas adalah salah satu cara untuk mengetahui jenis aplikasi mana yang memakan banyak daya baterai, sehingga memengaruhi daya baterai cepat berkurang.  Silakan untuk lakukan pemeriksaan secara rutin. Tandai aplikasi mana saja yang banyak menggunakan daya.

Baca Juga:  Aplikasi Translate Bahasa Bugis ke Indonesia

Jika memang Anda familiar dengan aplikasi yang memakan banyak daya, maka boleh jadi bukan karena faktor penyadapan. Namun jika aplikasi yang memakan banyak daya itu tidak Anda kenal, bisa jadi  aplikasi tersebut adalah malware atau virus yang mungkin saja bagian dari intrik penyadapan. Segera hapus aplikasi mencurigakan tersebut sebagai langkah antisipatif.

  1. Volume Suara Sering Naik-Turun Sendiri saat Menelpon

Tanda terjadi penyadapan pada HP juga bisa ditengarai dari gejala volume suara yang sering naik-turun sendiri saat melakukan aktivitas menelepon. Namun sebelumnya pastikan terlebih dahulu tidak ada kerusakan pada tombol volume ponsel. Sebab, boleh jadi gejala volume naik-turun sendiri akibat ada kerusakan pada tombolnya.

Namun jika Anda sudah dapat memastikan tidak ada kerusakan pada tombol, sementara gejala tersebut terjadi secara berulang-ulang, Anda layak untuk curiga bahwa ponsel sedang kena sadap.

  1. Sulit Mendapatkan Sinyal Walau Berada di Tempat Yang Akses Sinyalnya Kuat

Cara lain untuk mengetahui HP disadap juga bisa ditengarai dari gejala pada HP yang kesulitan mendapatkan sinyal, padahal berada di tempat yang akses sinyalnya kuat. Aktivitas penyadapan biasanya bisa sebabkan HP yang disadap terputus dari sinyal, bahkan kesulitan untuk mendapat sinyal meski berada di tempat yang akses sinyalnya kuat.

Namun gejala tersebut juga bisa diakibatkan oleh adanya masalah atau eror pada HP. Sebaiknya, cek terlebih dahulu dengan cara merestart, apakah masih kesulitan mencari sinyal atau sudah berhasil. Bila masih kesulitan, Anda patut curiga kalau HP sedang disadap.

  1. Pesan Masuk (SMS ataupun WA) Sudah Terbaca Padahal Belum Dibuka

Gejala lain yang bisa termasuk dari ciri HP kena sadap adalah mendapati pesan masuk, baik SMS ataupun WA, yang tiba-tiba sudah terbaca/terbuka, padahal Anda belum membukanya sama sekali. Gejala ini terjadi karena si penyadap mengontrol semua aktivitas HP yang disadap. Termasuk mengontrol pesan masuk pada HP yang disadapnya.

  1. Muncul Aplikasi Yang Anda Tidak Pernah Menginstalnya

Jika mendapati aplikasi-aplikasi misterius yang tiba-tiba terpasang dan muncul di HP, sementara Anda merasa tidak pernah mendownload dan menginstalnya, sebaiknya Anda patut curiga bahwa ponsel Anda telah disadap. Segera lakukan uninstal dan hapus dari perangkat ponsel.

Baca juga : Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di HP Tanpa Aplikasi

  1. Ada Gambar Asing di Galeri Kamera

Tanda HP yang kena sadap juga dapat ditengarai dengan adanya gejala tak wajar terkait galeri kamera ponsel. Misal Anda mendapati banyak koleksi foto asing di galeri ponsel, padahal Anda tak pernah melakukan aktivitas memoto atau ambil gambar via kamera ponsel.

  1. Tidak Dapat Akses e-Wallet dan Semacamnya

Berikutnya ciri HP kena sadap juga dapat ditengarai dari gejala kesulitan untuk mengakses aplikasi penting yang berhubungan dengan akun rekening seperti e-Wallet, M-Banking dan sejenisnya. Ketika HP kena sadap, secara otomatis, si penyadap punya kontrol penuh atas HP yang disadap. Termasuk kontrol atas akun rekening yang terpasang di ponsel melalui aplikasi-aplikasi yang ada.

Bila hal ini terjadi, bisa jadi karena peretas menggunakan teknik swap kartu SIM. Sehingga akun Anda yang harus login dengan kode OTP pun dapat diretas.

Baca Juga:  Aplikasi Translate Bahasa Makassar ke Indonesia

Nah, itulah beberapa gejala yang bisa menjadi indikasi HP disadap. Namun tentu saja untuk memastikan bahwa gejala-gejala tersebut berkaitan dengan aktivitas penyadapan, Anda harus bisa menjamin bahwa HP tidak mengalami eror atau kerusakan yang bersifat internal. Sebab, bisa jadi munculnya gejala-gejala tersebut di atas malah disebabkan oleh adanya kerusakan internal atau eror pada ponsel, bukan karena penyadapan.

Cara Mengatasi HP Kena Sadap

Jika ulasan di atas berkaitan dengan bagaimana cara mengetahui HP disadap melalui beberapa gejala yang muncul pada ponsel sebagai indikasi telah terjadi penyadapan, maka ulasan ini ditujukan untuk cara mengatasinya. Langkah-langkah apa saja yang harus ditempuh ketika HP kena sadap? Berikut adalah beberapa upaya untuk mengatasi ketika HP kena sadap.

  1. Install Ulang Aplikasi

Aktivitas penyadapan bisa dilakukan hanya menyasar aplikasi tertentu pada HP yang disadap. Misal hanya menyasar aktivitas aplikasi WhatsApp, karena si penyadap mungkin hanya ingin mengetahui seluk beluk aktivitas WA si korban penyadapan. Nah, jika memang Anda yakin ada gejala penyadapan pada aplikasi, maka segera lakukan instal ulang aplikasi. 

Akan tetapi, sebelumnya, Anda disarankan untuk mengaktifkan verifikasi dua faktor dan mengaktifkan pemindai sidik jari. Supaya akan lebih aman dan terhindar dari penyadapan ketika menggunakan aplikasi itu lagi.

  1. Non-Aktifkan Akun

Jika cara instal ulang masih tak berhasil, menonaktifkan akun mungkin menjadi cara ampuh yang bisa Anda lakukan. Untuk aplikasi WhatsApp, misalnya, Anda cukup mengirim email ke dukungan WhatsApp, yaitu [email protected] dengan kata kunci “Lost/stolen: please deactivate my account” pada badan email.

  1. Lakukan Factory Reset

Selain dua cara di atas, untuk mengatasi HP yang kena sadap bisa ditempuh dengan melakukan Factory Reset. Karena dengan cara ini, semua aplikasi yang terinstal di HP akan terhapus, termasuk jika mungkin ada aplikasi tersembunyi yang terinstal di HP. 

  1. Hubungi Call Center Operator

Cara lainnya untuk mengatasi HP disadap, dan mjngkin termasuk cara yang sangat mudah dan tidak serepot beberapa cara sebelumnya adalah dengan menghubungi Call Center Operator. Tinggal hubungi customer service sesuai operator atau provider. Namun juga harus hati-hati saat menghubungi Call Center Operator. Sebab banyak pula penipuan yang menggunakan identitas Call Center Operator.

Cara Mencegah HP Disadap

Pencegahan, konon, jauh lebih baik ketimbang harus memberesi masalah di kemudian hari. Anda dapat mencegah penyadapan agar senantiasa aman. Berikut adalah langkah-langkah pencegahan yang bisa dilakukan:

  • Silakan kunci layar dengan smartlock biometrik (pendeteksi wajah atau sidik jari)
  • Jangan sesekali menggunakan password yang sama untuk banyak akun. Gunakanlah password yang berbeda.
  • Sebaiknya gunakan 2FA berbagai metode. Jangan hanya dengan verifikasi nomor HP saja.
  • Sebaiknya pakai proxy atau VPN premium.
  • Silakan cari informasi mengenai cara identifikasi link atau pesan mencurigakan.
  • Jangan sesekali mempercayakan data pribadi Anda ke orang lain.
  • Apabila terkena data breach, segeralah ganti password.

Demikian informasi mengenai Cara Mengetahui HP Disadap yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Dan bagi rekan – rekan yang ingin melakukan screenshot di laptop asus nya, berikut artikel mengenai cara screenshot di laptop asus yang kami tulis. Terima kasih.

5/5 - (1 vote)

Leave a Comment