Istilah-Istilah dalam Asuransi

Istilah-Istilah Penting Wajib Kamu Tahu Sebelum Beli Produk Asuransi!

Kesehatan adalah sebuah rahmat yang patut dijaga baik dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif. Bentuk investasi masa depan yang perlu disadari dan dijalankan untuk menjaga kesehatan kamu adalah melalui  pembelian asuransi.

Well, diketahui kesehatan adalah produk asuransi yang menanggung dan menjamin kebutuhan kesehatan seseorang (tertanggung) dengan kontrak atau polis dalam jangka waktu tertentu, bertujuan melakukan proteksi jaminan kesehatan terhadap hal-hal merugikan atau tidak direncanakan yang berpotensi tertanggung meninggal dunia atau tutup usia, misal terjadi kecelakaan atau sakit.

Umumnya asuransi kesehatan ini ditawarkan kepada karyawan dan karyawati, pelaku bisnis termasuk. Umumnya asuransi tersebut sudah termasuk proteksi untuk suami, istri, ayah, Ibu, anak bahkan saudara.

Produk asuransi yang ditawarkan beragama antara lain perlindungan biaya rawat inap di rumah sakit, perawatan jalan pra dan pasca proses rawat inap di rumah sakit serta jaminan tambahan antara lain persalinan, kaca kata, perawatan gigi hingga medical check up.

Polis Asuransi

Sebelum memutuskan memiliki produk asuransi jenis apa, perlu difahami beberapa istilah yang umum dalam dunia asuransi, di antaranya polis asuransi.

Informasi lebih lengkap tentang polis asuransi dapat dicari di berbagai situs website penyedia produk asuransi ini. Telah banyak artikel yang membahas seputar polis asuransi lho, sehingga kamu tidak sulit memperoleh literatur tentang perihal tersebut.

Umumnya polis asuransi merupakan perjanjian asuransi penanggung (perusahaan asuransi) dan calon tertanggung (nasabah / client / customer asuransi), yang mana polis asuransi berisikan perjanjian pengalihan risiko, syarat-syarat, dan komitmen kedua belah pihak yakni perusahaan asuransi dan calon nasabah. Olehnya nasabah harus secara detail dan seksama membaca isi perjanjian asuransi tersebut.

Dokumen perjanjian asuransi ini adalah bukti bersifat hukum mengikat yang nantinya akan menjadi dasar bagi tertanggung untuk melalui klaim asuransi meliputi hak pertanggungan dan ganti rugi dari perusahaan asuransi.

Premi Asuransi

Istilah lain dalam dunia asuransi yang perlu diketahui yakni premi asuransi. Seperti halnya informasi seputar polis asuransi lebih lengkapnya tentang premi asuransi juga dapat ditemukan di website perusahaan asuransi dan artikel terkait.

Untuk menambah literasi, diketahui Premi asuransi adalah iuran berkala (mingguan, bulanan, dan tahunan) yang sewajibnya dibayarkan oleh calon tertanggung asuransi (nasabah) kepada pihak perusahaan asuransi berdasarkan kesepakatan waktu yang telah disapakati bersama, dengan ketentuan besar biaya premi yang telah ditentukan oleh nasabah premi.

Umumnya premi asuransi ini disesuaikan dengan kemampuan nasabah, olehnya  sebelum melakukan kesepakatan, perusahaan asuransi akan memastikan terlebih dahulu kemampuan pendapatan (income) nasabah membayar premi.

Salah satu faktor yang mempengaruhi tinggi atau rendah premi yang harus dibayarkan nasabah adalah pertanggungjawabam yang diberikan.

Agar manfaat atau keuntungan asuransi dapat terus dirasakan, ketepatan untuk membayar premi asuransi harus diperhatikan. Sebab, manfaat asuransi secara otomatis akan dinonaktifkan jika terjadi keterlambatan dalam pembayaran.

Beberapa istilah premis asuransi yang perlu diketahui antara lain:

1. Cuti Premi

Periode waktu yang diperoleh  tertanggung atau nasabah asuransi untuk tidak membayar premi asuransi, namun tetap berhak mendapat manfaat dari asuransi Itu sendiri. Biasanya nasabah yang mendapat keuntungan asuransi ini adalah nasabah pemegang asuransi unit link.

2. Refund Premi

Refund ini biaya asuransi yang dikembalikan kepada pihak tertanggung oleh perusahaan asuransi jika tertanggung secara resmi mengundurkan diri dari kepesertaan asuransi sebelum masa tertanggung berakhir.

3. Lumpsun

Jenisi asuransi yang pembayaran premi  dapat dilakukan dalam waktu sekaligus. Biasanya jenis nasabah lumpsun ini adalah berasal dari golongan sibuk sehingga menilai pembayaran sekaligus adalah solusi terbaik. Biasanya jenis premi diminati oleh nasabah premi asuransi jiwa.

4. Premi Dasar

Premi dasar merupakan jenis pembayaran secara sekaligus di awal atau dibayar secara tahunan

Sementara jenis-jenis premi asuransi berdasarkan jenis asuransinya antara lain premi asuransi kesehatan, premi asuransi jiwa, premi asuransi mobil, premi asuransi kecelakaan diri, dan asuransi perjalanan diri.

Demikian informasi penting seputar istilah istilah dalam dunia asuransi yang perlu kamu ketahui. Dengan mengerti dan memahami istilah-istilah tersebut, akan semakin mempermudah kamu untuk memilih jenis asuransi apa yang akan kamu pilih.

5/5 - (1 vote)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top